Gambar macam-macam hewan langka

13 Macam Hewan Langka di Indonesi, Lengkap!!

Macam-macam hewan langka. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, disebut dengan beranekaragaman fauna yang hanya hidup di Indonesia.

Keaneka ragaman hayati ini sangta disayangkan, karena tidak di manfaatkan secara baik, sehingga menyebabkan kematian dan kepunahan hewan-hewan langka.

Mari kita mengenal tentang macam-macam hewan langka di Indonesia, yang akan di bahas di artikel ini.

Pengertian Hewan Langka

Gambar macam-macam hewan langka
By : Pixabay

Sebelum mengetahui macam-macam hewan langka, kita terlebih dahulu mengetahui “Apa itu hewan langka?”. Hewan langka adalah hewan yang sangat sulit untuk dicari, karenalan jumlahnya yang semakin sedikin atau semakin punah.

Hewan dikatakan langka, apabila menurt jumlahnya kurang dari 10.000 binatang saja. Populasinya menurun dengan cepat, jika seandainya binatang-binatang ini tidak dijaga dengan baik, maka akan mengalami punah, dan tidak ada satupun yang tersisa.

Hewan terancam punah karena terjadinya perkembangbiakan mereka yang sangat lambat, dan jumlah hewan betinanya mulai habis, maraknya pemburuan liyar, serta habitatnya rusak.

Di Indonesia jumlah jenis hewan langka yang hampir punah ada 91 jenis ikan, 144 jenis burung, 147 jenis mamalia, 20 jenis invertebrata (IUCN, 2003). Hewan tersebut akan punah jika tidak ada tindakan penyelamatan.

Setelah mengerti tentang pengertian hewan langka, sekarang akan dibahas tentang, macam-macam hewan langka di Indonesia.

Macam-macam Hewan Langka di Indonesia

gambar untuk macam-macam hewan langka
By : Pixabay

Di Indonesia, memiliki 3 tipe persebaran fauna yaitu tipe (australis) yang mendapat pengaruh dari Australia, tipe (asiatis) berasal dari Asia, dan tipe peralihan. Asia dengan peralihan dibatasi oleh garis Wallace, antara peralihan dengan australis dibatasi oleh garis Webber.

Namun di artikel ini akan dijelaskan tentang hewan langka di Indonesia, yang sudah masuk dalam zona punah, sehingga harus dilakukan berbagai upaya untuk melestarikannya.

Berikut macam-macam hewan langka di Indonesia yang masuk kedalam zona kritis, sebagai berikut.

Hewan Langka Harimau Sumatera

Hgambar macam-macam harimau sumatera
By : Arenahewan.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan langka harimau sumatera dengan bahasa latin (Panthera tigris sumatrae), adalah hewan yang masuk kedalam fauna tipe asiatis. Spesies harimau yang habitat aslinya di Pulau Sumatera.

Hewan ini merupakan 6 dari sub-spesies fauna yang masih bertahan hidup sampai saat ini, dan tergolog hewan langka yang terancam punah (critically endangered).

Asal usul hewan langka harimau sumatera. Harimau ini dipercaya dari keturunan hewan pemangsa pada zaman purba. Kemudian harimau berkembang di kawasan Asia di Cina, bergerak lagi ke arah Asia tengah, kemudian ke arah Asia Tenggara, dan kepulauan Indonesia.

Ciri-ciri dari hewan langka harimau sumatera, tubuhnya cenderung lebih kecil, warnanya lebih gelap baik dari warna kuning kemerah-merahan sampai warna jingga tua, memiliki lebih banyak surai, di sela-sela jarinya terdapat selaput yang membuat hewan ini mampu untuk berenang cepat, ketika melahirkan bulunya berubah warna menjadi hijau gelap.

Makanan hewan langka harimau sumatera, adalah tergantung tempat tinggalnya dan seberapa banyak mangsanya, karena harimau tetap menjaga populasi mangsa liar, misalnya babi hutan, rusa, unggas, ikan, durian, kancil kijang, trenggiling, landak.

Hewan harimau sumatera memiliki indra penglihat dan pendengar yang sangat tajam, sehingga membuat harimau menjadi pemburu yang efisien, dan termasuk hewan soliter yang berburu pada malam hari.

Hewan ini mengalami kepunahan karena daerah yang mereka tempati seperti, di hutan dataran rendah, lahan gambut dijadikan sebagai perkebunan dan pertanian.  Sehingga harimau terpaksa masuk wilayah dekat manusia, dan mereka sering dibunuh oleh manusia.

Hewan Langka Gajah Sumatera

 gambar macam-macam hewan langka gajah sumatera
By : Merdeka.com

Hewan langka selanjutnya adalah, gajah sumatera yang memiliki nama ilmiah (Elephas maximus), adalah hewan yang tegolong dalam tipe asiatis, dan hanya hidup di Sumatera, yang tergolong dalam satwa yang terancam puanah.

Hewan langka ini mengalami krisis punah, karena perburuan yang selalu terjadi, serta tempat tinggalnya yang semakin menyempit. Populasi gajah yang semakin hari semakin menurun, dilihat dari data yang dihimpun dalam jangka 25 tahun kebelakang gajah sudah kehilangan 70% habitatnya.

Ciri-ciri dari hewan langka gajah sumatera adalah, berat 4-6 ton, memiliki belalai panjang, telinga besar dan lebar, gajah jantan memiliki gading yang memanjang kedepan, gajah betina tidak memiliki gading, warna kulit abu-abu sampai hitam.

Hewan langka gajah hidup berkelompok, hidupnya selalu berpindah-pindah tempat, gajah merupakan jenis hewan yang mudah beradaptsi dengan kehidupan manusia.

Makanan dari binatang gajah ini adalah, jika di habitat aslinya makan berbagai jenis pohon misalnya, kulit, ranting, bunga, buah, dan daun, serta makanan perdu dan rumput. Gajah juga bisa mengenali tumbuhan pakannya, dan yang secara alami dijadikan obat.

Hewan langka gajah sumatera ini, hidup di hutan tropis dataran rendah, padang rumput, pegunungan, serta tersebar di pulau Sumatera.

Hewan Langka Orangutan Sumatera

Gambar macam-macam hewan langka orangutan sumatera
By : Id.wikipedia.org
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan orangutan sumatera (Pongoabelli) adalah jenis hewan terlangka, dibanding dengan orangutan kalimantan. Hewan ini berukuran lebih kecil, memiliki tinggi 4,6 kaki, berat 200 pon, memiliki kantong pipi yang panjang pada orangutan jantan.

Orangutan betina lebih kecil, tinggi 3 kaki, berat 100 pon. Hewan ini bisa mendapatn makanan dengan menggunakan peralatan seperti, ranting untuk menjangkau makanan yang sullit.

Makanan dari orangutan ini adalah, buah beringin, buah nangka, telur burung, rayap, lebah.

Hewan Langka Orangutan Kalimantan

 gambar Macam-macam Hewan Langka Orangutan Kalimantan
By : Alamendah.org

Hewan langka orangutan kalimantan (pongo pygmaeus), adalah hewan asli kalimantan, orangutan kalimantan termasuk dari jenis pongo yang didapatkan di Asia.

Hewan langka orang utan ini memiliki waktu hidup 35-40 tahun  berada di alam liar, sedangkan jika di penangkaran mencapai 60 tahun.

Ciri-ciri dari hewan langka orangutan adalah rambut berwarna kemerahan tua, orangutan jantan mempunyai bantalan di pipi, lingkar mata merah muda pada bayi.

Hewan langka ini penyebarannya di daerah Kalimantan, Sabah, Serawak. Hewan orangutan kalimantan dilindungi oleh UU. 5 tahun 1990.

Hewan Langka Badak Sumatera

 gambar Macam-macam Hewan Langka Badak Sumatera
By : Idntimes.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan langka badak sumatera atau dengan nama latin (dicerorhinus sumatrensis), yang dikenal dengan badak bercula dua atau badak rambut.

Hewan badak bercula dua adalah famili dari badak jawa, yang termasuk 5 spesies badak yang masih bertahan hidup dari kepunahan.

Hewan langka badak, pernah tinggal di rawa, hutan hujan, hutan pegunungan.

Ciri-ciri hewan langka badak adalah, memiliki cula 2 yakni cula depan dan belakang,berwarna hitam atau abu-abu gelap. Cula belakang relatif pendek sekitar kurang dari 10 cm, banyak rambut berwarna coklat kemerahan.

Hewan ini juga memiliki lipatan kecil di lehernya, dan kulitnya relatif tipis, terdapat 2 lipatan kulit yang tebal mengelilingi kaki depan dan belakang.

Hewan langka Badak Jawa

gambar Macam-macam Hewan langka Badak Jawa
By : Jayakartanews.com

Hewan langka badak jawa atau dengan nama latin (rhinoceros sondaicus), yang dikenal dengan sebutan badak bercula satu kecil. Saat ini populasi badak jawa hanya 63 ekor.

Ciri-ciri dari badak jawa adalah, badak relatif kecil, warnanya lebih terang, berat badan 900-2.300 km, dapat hidup dialam bebas 35-45 tahun, memiliki cula kurang dari 20 cm, giginya tajam dan panjang.

Habitat badak jawa adalah di hutan tropis, yang memiliki penutupan tajuk yang tebal, dan terdapat persediaan air. Habitat badak ini dipengaruhi dengan ketersediaan makanan.

Makanan hewan badak diantaranya adalah, ranting, pucuk muda, dan dedauanan.

Hewan Langka Macan Tutul Jawa

Gambar Macam-macam Hewan Langka Macan Tutul Jawa
By : Dictio.id
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan langka macan tutul jawa (Panthera pardus), atau yang disebut dengan macan tutul kumbang, adalah binatang endemik pulau Jawa yang termasuk ke dalam 9 sub-spesies macan tutul.

Hewan macan tutul jawa ini, diklasifikasikan kedalam satwa yang terancam punah, populasi macan tutul yanga masuh hidup kurang dari 300 ekor.

Ciri-ciri dari hewan macan tutul jawa adalah, memiliki warna terang dan hitam (macan kumbang), berukuran kecil, memiliki indra pencium dan penglihat yang tajam.

Sub-spesies ini memiliki bulu hitam mengkilap, yang berfungsi untuk beradaptasi dengan hutan yang lebat dan gelap, dengan bintik gelap yang hanya terlihat di cahaya terang.

Hewan macan tutul ini termasuk soliter, kecuali pada musim berbiak. Macan tutul jawa ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Hewan Langka Monyet Hitam Sulawesi

Gambar Macam-macam Hewan Langka Monyet Hitam Sulawesi
By : Greeners.co

Hewan langka monyet hitam sulawesi dengan nama ilmiah (Macaca nigra), atau disebut dengan monyet berjambul, yang termasuk jenis primata yang termasuk hewan terancam puanah.

Ciri-ciri yang dimiliki hewan monyet hitam adalah, memiliki jambul yang menonjol, kulitnya berwarna hitam, pantatnya berwarna merah muda, memiliki nama (Yaki, Bolai, dan Dihe).

Hewan langka ini khas dari Pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Utara antara lain, Dua Saudara, Kota Mubagu, Menembo Nembo, Pulau Bacan, Cagar Alam, madayah. (Supriatno dan wahyono, 2000).

Hewan langka ini termasuk hewan pemakan buah-buahan, serangga kecil seperti ( rayap, ulat dalam gulungan daun, tawon)

Hewan langka monyet hitam sulawesi ini populasinya semakin terancam punah.

Hewan Langka Anoa

Gambar Macam-macam Hewan Langka Anoa
By : Pintaram.ne
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan langka anoa (Bubalus sp) adalah hewan endemik di daerah Pulau Sumatera, di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hewan anoa termasuk peralihan dari (Asiatis-Australis). Hewan anoa tergolong hewan yang hampir punah, sejak 1960-an.

Hewan langka anoa saat ini mengalami penurunan, jumlahnya sekarang sekitar 5.000 ekor dialam liyar, terjadinya ancaman hewan langka karena, kegiatan masyarakat yang sering memburunya. Untuk diambil kulit, tanduk, serta dagingnya.

Binatang langka anoa memiliki 2 sepesies, yaitu anoa dataran rendah, serta anoa pegunungan. Hewan anoa provinsi Sumatera Tenggara, hidup di hutan rimbun, serta sulit didekati manusia.

Hewan anoa hidup di daratan rendah atau hutan tropika, dan savana atau padang rumput yang memiliki curah hujan yang sedikit, dan diselingi pohon.

Ciri-ciri hewan langka anoa adalah, Memiliki bulu berwarna coklat, hitam yang sangat tebal, anoa jantan lebih gelap daripada anoa betina, tanduknya lurus, pendenk, dan sudutnya mengarah kebelakang.

Makanan hewan langka anoa adalah, dedauanan, rumput, buah-buahan, jahe, sawit serta pakis. Termasuk bintang herbivora.

Hewan Langka Burung Jalak Bali

Gambar Macam-macam Hewan Langka Burung Jalak Bali
By : Gadis.co.id

Hewan langka burung jalak bali, dengan nama ilmiah (Leucopsar rothschildi), adalah hewan yang pertamakali ditemukan di tahun 1910, oleh Walter Rostchild seorang ahli hewan didaerah Inggris.

Hewan langka jalak bali, adanya terdapat di Bali terutama di hutan bagian barat, dan termasuk sepesies khas Bali yang dinobatka sebagai lambang fauna di Bali pada tahun 1991, Serta mendapatkan perlindungan UU.

Ciri-ciri yang dimiliki hewan jalak bali diantaranya dalah, 90% bulu berwarna putih bersih, pada ujung ekor dan sayap berwarna hitam 25 mm, pelupuk mata berwarna biru tua mengelilingi bola mata.

Habitat dari hewan jalak bali, menyukai hutan mangrov, hutan musim dataran rendah, hutan rawa, daerah savana.

Penyebaran hewan langka jalak bali, secara alami haya ditemukan di Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Selain itu terdapat di Tegal Bunder, Batu Gndang, Batu Licin, Teluk Brumbun, Lampu Merah.

Hewan langka Kanguru Wondiwoi

Gambar Macam-macamHewan langka Kanguru Wondiwoi
By : Salsabllh.blogspot.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan kanguru wondiwoi (Denderolagusmayri), atau yang dikenal dengan pohon wondiwoi. Hewan langka ini dapt ditemukan di Papua. Memiliki bobot 9,5 kg.

Ciri-ciri dari hewan langka wondiwoi adalah bulunya berwarna hitam dan pada bagian lainnya berwarna kekuningan.

Pada bagian pantat dan tungkai warna kemerahan dan ekor berwarna putih. Daftar yang dikeluarkan IUCN, total populasi diprediksi kurang lebih 50 ekor.

Hewan Langka Pusut Mahakam

Gambar Macam-macam Hewan Langka Pusut Mahakam
By : Okezone.com

Hewan langka pusut mahakam dengan namalatin (Orsela brevirostris), adalah fauna yang terkenal dengan lumba-lumba air tawar. Hewan ini hampir punah, populasi hanya 50 ekor.

Hewan langka ini berada di urutan tertinggi hewan Indonesia yang terancam punah, hewan lumba-lumba ini berasal dari Sungai Mahkam Kalimantan Timur.

Ciri-ciri yang dimiliki hewan pesut adalah, kepala berbentuk bulat, matanya kecil, tubuh berwarna abu-abu sampai wulung tua, tidak memiliki pola khas, sirip punggung kecil, tidak ada mancong.

Hewan langka pesut pemakan udang dan ikan, dan dapat di jumapai di Danau Semayang, Danau Jempang, Danau Melintang, di Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Hewan Langka Komodo

Gambar Macam-macam Hewan Langka Komodo
By : Floradanfaunaoke.blogspot.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Hewan langka komodo atau biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah fauna yang sudah mengalamai pengurangan karena ulah manusia.

Hewan langka komodo saat ini mendapatkan perlindungan di bawah peraturan pemerintah Indonesia serta taman nasiona.

Taman Nasional Komodo dibentuk bertujuan untuk, melindungi kelestarian komodo. Tempat tinggal biawak raksasa ini cuma berada di Pulau Komodo Rinca Flores Gili motong, Gili dasmi di NTT.

Hewan langka komodo adalah jenis fauna pemakan daging (karnivora).

Ciri-ciri dari hewan komodo adalah, ekornya sama panjang dengan tubuh, komodo jantan berwarna abu-abu gelap sampai merah batubata, lebih besar daripada komodo betina, berwarna hiju kecoklatan, memiliki bercak kuning kecil di tenggorokannya. Untuk komodo muda warna hiju, kuning, putih dengan latar belakang hitam.

Itulah sekilas tentang macam-macam hewan langka di Indonesia. Dengan adanya artikel ini untuk dibaca, dan penulis berharap banyak orang yang semakin peduli dengan kelestarian flora dan fauna di Indonesia.

Sehingga mengurangi kemungkinan terjadina kepunahan, dan perburuan liar terhadap hewan-hewan yang dilindungi ini.

Demikian artikel ini penulis buat, mengenai macam-macam hewan langka di Indonesia, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *