Gambar wayang tulisan macam-macam tembang macapat

11 Macam-Macam Tembang Macapat Sesuai Urutan, Perjalanan Manusia

Macam-macam tembang macapat – tembang macapat yaitu, puisi jawa yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, tembang ini dibuat oleh Sunan Bonang yang kemudian diperoleh untuk lagu para wali.

Selain 11 macam-macam tembang macapat, ada juga tembang yang mungkin kita pernah mainkan dan nyanyikan. Tembang ini tidak ada di lingkungan kita, tembang apakah itu? yaitu tembang dolananApa saja tembang dolanan yang pernah kamu nyanyikan?

Berikut 11 jenis-jenis tembang macapat, yang lengkap bersama watak tembang macapat, aturan atau paugeran tembang macapat, dan pengertian tembang macapat.

Pengertian Tembang Macapat

Gambar wayang golek.  kulit, wayang mainan
Oleh: Islamindonesia.id

Tembang macapat yaiku yang mengundang menggunakan fasilitas untuk mengundang nasehat-nasehat positif yang halus, yang menggunakan suara senior. Tembang macapat ini disampaikan dengan menggunakan nyanyian yang di paparkan dalam sebuah “pada” atau paragraf.

Bahasa etimilogi macapat secara umum adalah bahasa mocoka papat (dalam bahasa jawa) yang artinya membaca empatik. Maksudnya cara membaca setiap empat suku kata.

Macam-Macam Tembang Macapat

Tembang macapat dapat dibagi menjadi 11 macam atau 11 grup lagu. Pada setiap kelompok lagu memiliki sifat dan makna yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis-jenis tembang macapat, yang sesuai dengan urutannya.

  1. Maskumambang (janin)
  2. Mijil (terlahir)
  3. Sinom (muda)
  4. Kinanthi (dituntun)
  5. Asmarandhanan (api asmara)
  6. Gambuh (sepaham atau cocok)
  7. Dhandanggula (manisnya kehidupan)
  8. Durma (anggota)
  9. Pangkur (menarik diri)
  10. Megatruh (sakaratul maut)
  11. Pocung (kematian atau dipocung)

Untuk jenis-jenis tembang macapat, akan disajikan secara lengkap, watak, makna, paugeran tembang macapat.

  1. Maskumambang (Janin)

Gambar janin, bunda, mama, manusia, janin sehat, gambar janin bayi, gambar janin yng jelas dan tampak, macam-macam tembang macapat
Oleh: Umrohhajiku.blogspot.com

Maskumambang berharga dari kata “mas” dan “kumambang” yang berarti “emas” adalah sesuatu yang berharga. Maksudnya adalah anak yang masih termasuk dalam cadangan tetapi termasuk harta yang paling berharga. Sementara “mambang” atau “kemambang” artinya memenangkan.

Jadi  tembang mas kumambang dapat diartikan sebagai bayi yang digemari di dalam rahim, selama 9 bulan tumbuh dan hidup di dunianya yaitu di rahimubungkan.

Tembang maskumambang ini, memiliki watak atau ciri khas atau karakter yang mencerminkan (welas asih) belas kasih, kesedihan, dan kesusahan. Biasa tembang ini digunakan untuk ruang duka.

Aturan atau paugeran dalam maskumambang (12i, 6a, 8i, 8o)

  1. Mijil (Terlahir)

Gambar bayi yang barulahir imut dalam kerjang dan sedang tertidur,
Oleh: Pixabay.com

Mijil yaiku memiliki arti “keluar” jadi mijil ini termasuk proses kelahiran manusia, “mijil” maknanya (mbrojil, mencolot) dan keluarlah si jabang bayi yang membutuhkan manusia itu.

Jadi tembang mijil ini melambangkan bentuk biji yang baru lahir. Mijil ini mencerminkan pertama hadirnya anak manusia di dunia atau di bumi ini. Si jabang bayi ini masih lemah, bersih, suci, jadi masih sangat membutuhkan perlindungan.

Ada yang lahir atau mbrojol di Amerika, India, Cina, Afrika, dan sebagainya. Maka, bersyukur dan untung lah yang lahir di bumi pertiwi ini, yang konon katanya “Gemah Ripah Loj Jinawi Tata Tentren Raharjo Lir Saka Sambikala”

Mijil ini juga memiliki watak sebagai pengharapan, tentang cinta, perhatian dan welas asih. Digunakan tembang ini digunakan untuk media yang memberikan nasehat, pengharapan, cerita cinta, serta memberikan ajaran untuk selalu tabah dalam setiap percakapan laku kehidupan.

Berdasarkan aturan atau paugeran mijil ini adalah (10i, 6o, 10e, 10i, 6i, 6o)

  1. Sinom (Muda)

Gambar kang santri
Oleh: swarakampus.com

Sinom yaiku sebuah pucuk yang baru tumbuh dan bersemi, tembang sinom ini menggambarkan manusia yang sudah mulai beranjak dewasa dan menjadi pemuda yang mulia atau tumbuh.

Masa muda ini, seorang anak akan mulai mengubah psikis, fisik, dan pematangan dari fungsi-fungsi sikis. Pada masa ini anak akan mencari jati dirinya dan memiliki rasa ingin tahu yang dalam. Yang paling umum pada remaja atau masa pubertas adalah ketertarikan pada lawan jenis.

Tembang sinom ada yang mendukung “sinoman” yang berarti sekumpulan pemuda yang membantu orang yang punya hajat. Lebih bisa diartikan dengan daun pepohonan yang masih muda “pucuk”.

Ada juga yang mengartikan tembang ini, terkait dengan upacara untuk anak-anak muda zaman dahulu. Watak dari sinom adalah sulit, menyenangkan, dan sulit digunakan untuk piwulang (mengajari) dan wewarah (membimbing).

Tembang ini memiliki aturan (8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a)

  1. Kinanthi (Dituntun)

Gambar santri yang sedang mengaji, tembang sinom
Oleh: replubika.co.id

Kinanthi berasal dari kata “kanthi” yang artinya menuntun atau menggandeng. Tembang ini, mengulas seorang pemuda yang masih membutuhkan panutan atau tuntunan untuk menjadi lebih baik di dunia juga di akhirat kelak.

Di usia ini, si anak masih mencari jati diri, dan masih banyak pertanyaan tentang dirinya tentang “siapa aku”. Mungkin tak heran jika dia mencari gambar yang bisa di teladani dan bisa menjadi panutan.

Watak dari tembang kinanthi adalah senang mengungkapkan perasaan sukses, menyenangkan, tauladan hidup, dan kecintaan.

Aturan yang ada pada tembang ini adalah (8u, 8i, ba, 8i, 8i, 8a)

  1. Asmarandhana (Api Asmara)

Gambar tangan laki-laki dan perempuan yang sedang berpegangan
Oleh: hipwee.com

Tembang asmarandhana artinya dari kata “asmara” yang berarti cinta kasih. Tembang ini banyak bercerita atau mengisahkan tentang gejolak asmara yang dialami manusia (remaja).

Masa tembang macapat asmarandhana adalah masa-masa di mabuk cinta, dirundung asmara dan ditenggelamkan dalam lautan kasih. Namun, perlu kamu bahas tentang hal ini, tidak hanya cinta terhadap koleksi, manusia untuk Sang Pencipta Allah, dan cinta terhadap Rosulullah SAW dan alam semesta.

Watak asmarandhana adalah bayangan asmara, rasa pilu, cinta kasih atau rasa sedih. Khusus tembang macapat Penyanyi digunakan untuk mengulas mengungkapkan sebuah perasaan cinta baik hati senang, hati sebuah pengharapan, serta kesedihan karena patah hati.

Aturan atau aturan untuk macapat ini dalah (8i, 8a, 8e, 7a, 8a, 8u, 8a).

  1. Gambuh (Sepaham / Cocok)

Gambar pernikahan Cut Meyriska - Roger Danuarta pengantin, muslimah, unik, keren, lucu, cantik
Oleh: Popbela.com

Tembang gambuh diambil dari kata “jumbuh” yang berarti antara pria dan wanita yang cocok yang didasari dengan cinta atau mendukung untuk menyatukan cinta dalam satu biduk rumah tangga.

Tembang macapat ini, disetujui perjalanan manusia yang akan bertemu dengan pasangannya yang cocok dan yang akan mendukung pernikahan dan keluarga.

Seharusnya dalam satu keluarga saling membina, melindungi, menjaga, mengayomi satu sama lain, menggantikan dalam keluarga menjadi harmonis dan sakinah dalam naungan-Nya. Sebagai mana yang sudah diterangkan dalam al-qur’an. Hunnalibasullakum, waantum libasullahun”.

Tembang macapat Penyanyi, memiliki Watak Persahabatan dan kompetensi. Gambuh juga biasa digunakan untuk kisah-kisah kehidupan.

Paugeran atau watak gambuh yaiku (7u, 10u, 12i, 8u, 8o)

  1. Dhandanggulo (Manisnya Kehidupan)

gambar keluarga muslimah, bahagia
Oleh: Gambaranimasi.pro

Dandanggula diambil dari kata “gegadhangan” yang memiliki makna cita-cita, angan-angan atau harapan. Jika pada kata “gula” yang menyenangkan, menyenangkan dan indah.

“Dhandanggula” terpilih kekasih yang mendapatkan kebahagiaan lolos impian, suka dan duka di dalam rumah tangga, kesejahteraan, sosial, dan sudah cukup sandang pangan dan papan (dan terbebas dari utang).

Jika ingin hidup bahagia, kuncinya hanya satu yaitu “memiliki rasa syukur ” yaitu selalu mensyukuri atas rizki yang di anugerahkan Allah SWT kepada kita.

Watak tembang dhandang gula yaiku

  • luwes
  • indah
  • Menyenangkan jadi cocok untuk menyenangkan demi diundang, memuaskan rasa cinta dan kebahagiaan.

Paugeran atau aturan tembang ini adalah (10i, 10a, 8e, 7u, 9i, 7a, 6u, 8a, 12i, 7a)

  1. Durma (Anggota)

Gambar terkait macam-macam tembang macapat
Oleh: Qazwa.id

Tembang durma diambil dari kata “durma” di dalam bahasa jawa memiliki arti suka berbagi dan memberi rizki untuk orang lain. Akan tetapi, ada yang menafisirkan bahwa “durma” adalah yang mundurnya etika atau tata karma.

Tembang macapat durma ini menggambarkan tentang suatu kisah manusia yang telah mendapatkan kesenangan dari Allah SWT. Ketika manusia dalam kondisi serba ada atau serba cukup, perlu bersyukur dan cukup lihat dan bantu atau beri saudara yang masih kekurangan.

Watak tembang durma yaiku

  • Keras
  • Tegas
  • Dan penuh amarah yang bergejolak
  • Selain itu, tembang durma juga menggambarkan semangat perang dan berontak

Aturan atau paugeran tembang durma yaiku: (12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i)

“Barang siapa yang meringankan beban saudaranya di dunia, maka Allah SWT akan meringankan bebannya di akhirat kelak”.

  1. Pangkur (Menarik Diri) – Macam-macam Tembang Macapat

Gambar sujud syukur, orang yang sedang sujud, macam-macam tembang macapat
Oleh: Bigbrain99.wordpress.com

Tembang pangkur diambil dari kata “mungkur” yang berarti berlalu atau pergi. Tembang pangkur ini, sering dimaknai oleh orang Jawa untuk proses mengurangi diri dari hawa nafsu dan mundur dari urusan duniawi.

Selain itu, tembang pangkur ini, mengisahkan seseorang yang sudah tua atau sudah melupakan senja, yang mana seseorang akan lebih intropeksi diri tentang siapa pun baik masa lalunya, pribadinya dan tentang Tuhannya / Allah SWT.

Watak tembang pangkur yaiku:

  • Berbicara tentang karakter yang gagah
  • Kuat
  • Perkasa
  • Dan hati yang besar

Adapun atauran atau paugeran tembang pangkur adalah (8a, 11i, 8u, 7a, 8i, 5a, 7i)

  1. Megatruh (Sakaratul Maut) – Macam-macam Tembang Macapat

Gambar sakarotul maut, orang meninggal
Oleh: Galamedianews.com

Tembang megatruh diambil dari kata “megat” lepas atau pergi dan “ruh” adalah ruh manusia, yang berarti terlepasnya ruh dari tubuh manusia. Selain itu, megatruh memiliki arit perjalanan manusia setelah selesai di dunia.

Namun, secara umum megatruh ini dapat diartikan sebagai, menentukan mana seseorang yang memiliki sakarotul maut. Setelah itu, lanjutkan keabadian.

Sementara watak tembang macapat megatruh yaiku

  • Kesedihan
  • Kedukaan
  • Dan penyesalan

Aturan atau perangkat tembang macapat megatruh adalah (12u, 8i, 8u, 8i, 8o).

  1. Pucung (Kematian atau Dipocong) – Macam-macam Tembang Macapat

Gambar makam, macam-macam tembang macapat
Oleh: rajindoa.blospot.com

Kata pocung atau “pucung” berasal dari kata “pocong”, yang berarti kompilasi manusia yang telah berlalu dan kemudian di kafani atau dipocongi sebelum dikebumikan atau dikubur, yang sesuai dengan sariat islam.

Tembang pocung ini mengulas setiap manusia pasti akan mati “kullunafsin dzaiqotulmaut”

Watak pucung iyaiku

  • Lucu
  • Jenaka
  • Berisi tebak-tebakan dan hal lucu yang lain
  • Tembang ini juga digunakan untuk nasehat dan dukungan anggota

Aturan atau paugeran tembang pucung yaiku (12u, 6a, 8i, 12a)

Penutup

Demikian, tentang macam-macam tembang macapat, semoga dapat bermanfaat, dan dapat membantu Anda dalam mencari referensi. Semoga dapat bertemu di artikel berikutnya 🙂 salam sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *