11 Macam Tumbuhan Langka di Indonesia, Lengkap!!

Macam-macam tumbuhan langka. Tumbuhan banyak ditemukan disekitar kita, bahkan secara tidak sadar, tumbuhan telah menjadi penolong manusia. Salah satunaya sebagai penghasil oksigen alami.

Tumbuhan langka di Indonesia, mengalami kepunahan karenakan bencana alam atau dampak dari aktivitas manusia. Di Indonesia jauga mempunyai tanaman hiyas yang semakin lama semakin punah, karena kurangnya perawatan pada tumbuhan.

Disini akan diulas sedikit tentang macam-macam tumbuhan langka yang ada di Indonesa dan didaerah sekitarnya.

Pengertian Tumbuhan Langka

Gambar pengertian tumbuhan langka
By: Pixabay

Tumbuhan langka adalah flora atau tumbuhan yang paling jarang ditemukan dan yang paling sedikit jumlahnya, dan jumlah di semua dunia kurang dari 10.000.

Tumbuhan langka biasanya mempunyai sifat yang sulit untuk dikembangbiakan serta media perkembangannya sangt sepesifik.

Indonesia termasuk negara yang memiliki flora dan fauna yang sangat banyak. Ada beberapa jenis-jenis tumbuhan langka di Indonesia, yang akan dibahas selajutnya.

Macam Macam Tumbuhan Langka

Gambar macam-macam tumbuhan langka
By: Pixabay

Dari berbagai negara di dunia, Indonesia yang paling terkenal akan kekayaanya, bahkan berbagai macam tumbuhan dapat tumbuh subur di Indonesia.

Sangat jarang di Indonesia tanaman yang hampir punah, atau sangat sulit ditemukan sehingga harus dilindungi.

Kali ini mudahdicari.com  akan mengulas sedikit tentang tanaman langka yang ada di Indonesia, sehingga sangat jarang ditemukan, dan tumbuhan dilindungi serta dilestarikan.

Berikut contoh macam-macam tumbuhan langka di Indonesia, yang harus dilindungi, agar tidah terancam punah.

Tumbuhan Kantong Semar

 gambar tumbuhan langka kantong semar
By : Phinemo.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tumbuhan langka kantong semar atau dengan nama latin (Nepenthes) adalah tumbuhan yang sangat unik, karena tumbuhan ini dapat memangsa serangga, misalnya lebah sebagai nutris, melalui kantung semar.

Tumbuhan kantong semar atau karnivora hidup pada tempat yang miskin unsur hara, seperti di daerah tanah kapur, tanah gambut, tanah merah, tanah pasir.

Ciri fisik dari kantong semar adalah tinggi 15-20 m dengan cara memanjat dari temannya. Secara alamiah tanaman ini mengubah ujung salur daun menjadi kantung. Memiliki 3 kantong yaitu kantong resto, tengah, atas.

Fungsi dari kantung adalah untuk menangkap serangga sebagai nutrisi. Salur dari kantung semar dapat mencapai cabang-cabang ranting, yang digunakan untuk penyalur air dan nutrisi.

Negara, yang terdapat kantung semar adalah Indonesia, Replobik Rakyat Tiongkok selatan, Madagaskar barat, Indocina, Filipina, , Malaisiya, Sir Langka. Yang terbanyak Bruneo, Sumatra.

Tumbuhan Anggrek Tebu

Gambar tumbuhan langka anggrek tebu
By : Trihartini00.wordpress.com

Tumbuhan langka anggrek tebu  dengan nama latin (Grammatophyllum), adalah sekumpulan bunga anggrek yang paling berat dan besar. Berat anggrek tebu lebih dari 1 ton, panjang 3 meter, karena ukurannya sangat besar dinamakan anggrek raksasa.

Ciri-ciri dari anggrek tebu adalah tumbuhan dengan warna kuning dengan bintik warna coklat, merah kehitaman, merah.

Tumbuhan langka satu ini, meskipun sudah dipotong batangnya, namun bunganya tetap bertahan sampai 2  bulan, dan tergolong tanaman yang dilindungi di Indonesia.

Persebaran tumbuhan langka ini mulai dari daerah New Guinea, Laos, Vietnam, Tahilan, Myanmar, Malaysia, Indonesia.

Daerah yang ditumbuhi tanaman anggrek tebu, tumbuh di sela-sela pohon, atau pangkal pohon, daerah dataran rendah yang beriklim tropis, dan membutuhkan sinarmatahari secara langsung.

Tumbuhan Tengkawang

Gambar tumbuhan langka tengkawang
By : Grid.id
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tamanam langka tengkawang, dengan nama latin (Shorea), tanaman ini termasuk tanaman yang sangt terkenal didaerah Borneo (Kalimantan), yang menghasilkan minyak nabati.

Minyak tengkawang dihasilkan oleh biji-bijian yang jatuh, biji tersebut dijemur dan di sangrai sampai kering, kemudian diolah menjadi minyak. Bijinya juga sebagai makanan gizi binatang liar.

Manfaat tumbuhan tengkawang, minyaknya digunakan obat tradisional, penyedap masakan, bahan kosmetik, lilin, sabun dll.

Ciri-ciri dari tumbuhan langka tengkawang, flora dengan pohon tinggi besar, memiliki banyak cabang, serta berdaun rimbun, berbuah hanya 3-7 tahun sekali, menghasilkan biji 250-400 kg per pohon.

Tumbuhan Ulin

Gambar tumbuhan langka ulin
By : Tempo.co

Tumbuhan ulin atau dengan nama latin (Eusideroxylon Zwageri dan Binn), atau kayu besi adalah flora yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatra.

Kayu ulin mampu menghasilkan kayu yang sangat kuat, sehingga lebih banyak digunakan untuk, jembatan, rumah, kapal laut. Tinggi 36 m, dengan diameter 95 cm, tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 400 m.

Ciri-ciri utaman dari flora ini adalah, kulit pohon licin, berwarna kuning atau kelabu muda, tidak memiliki banyak cabang, batangnya lurus, teksturnya kasar, dan keras serta baunya yang aromantis.

Flora ini hidup di jenis hutan tropika basah, yang tumbuh secara alami di Kalimantan, tumbuh di ketinggian 5-400 m atas permukaan laut, dengan medan datar sampai miring.

 Tumbuhan Daun Payung

gambar tumbuhan langka daun payung
By : Steemit.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tumbuhan payung, nama ilmiah (Johannesteijsmannia altitifrons) atau dinamakan dengan sang dan salo, adalah tumbuhan yang berjenis palem.

Tanaman flora ini dinamakan dengan daun payung karena daunya yang besar, panjangnya 3-6 m, lebar 1 m, daunnya lebar 2,5 m dengan tepi yang berduri dan nampak seperti tidak berbatang.

Di Indonesia tumbuhan ini terletak di daerah Sumatra, terkenal dengan nama sang gajah, sang minyak (sumut). Daun ini terletak di Sumatra Utara.

Ciri-ciri tumbuhan ini adalah memiliki daun yang sangat lebar, kuat, serta besar, permukaannya mengkilat seperti daun kelapa, daunnya bergerigi, buahnya kasar.

Tumbuhan ini tidak bisa terkena matahari secara langsung, sehingga tanaman ini tumbuh di antara pepohonan yang lebat. Memiliki tunas ketika awal tumbuh.

Manfaat yang dihasilkan tumbuhan langka ini, bisa digunakan untuk dinding atau pun atap rumah, pada zaman dahulu. Selain kuat tumbuhan ini tahan air, digunakan sebagai tanaman hiyas.

Tumbuhan Cendana

 gambar tumbuhan langka cendana
By : Greeners.co

Tumbuhan langka cendana (Santalum album), adalah flora yang memliki banyak kegunaan di Indonesia, dan salah satu jenis pohon yang sangat mahal harganya.

Tumbuhan langka ini bermanfaat sebagai pembuatan rempah-rempah, dupa, parfum, aroma terapi. Konon, wangi dari kayu cendana bisa bertahan ratusan tahunan.

Tumbuhan langka ini sangat terkenal di Indonesia, akan tetapi tanaman ini sangat sulit untuk dibudidayakan, sehingga mempunyai setatus sebagai tanaman yang terancam punah.

Cambah atau fase semi, cendana adalah tumbuhan parasit yang hidup menumpang ke tumbuhan lainnya, karena tidak mampu hidup sendiri. Oleh karena itu tumbuhan cendana sudah mulai berkurang.

Tumbuhan ini terletak di sebelah Tenggara Indonesia, dan diantaranya adala pulau Timor dan Sumba. Pohon cendana berasal dari Nusa Tenggara Timur di pulau Timor dan Sumba.

Ciri-ciri tumbuhan langka cendana, diantaranya daun cendana merupakan daun tunggal, batang berukuran tinggi mencapai 12-15 m, diameternya 20-35 cm. Daun berwarna hijau berukuran kecil 4-8 cm x 2-4 cm.

Tumbuhan Rafflesia Arnoldi

gambar Tumbuhan langka Rafflesia Arnoldi
By : Pesona.travel
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tumbuhan langka yang selanjutnya adalah, flora raflesia arnoldi, atau yang disebut dengan padma raksasa, adalah tanaman yang memiliki bau busuk yang menyengat saat mekar.

Terkadang orang salah dalam memahami kata “bunga bangkai”, yang digunakan rafflesia dengan Amorphophallus titanum (suweg raksasa). Yang dinamakan bunga bangkai adalah yang jenis suweg raksasa.

Amorphophallus atau suweg raksasa adalah mempunyai perbungaan tak bercabang ter besar di dunia, tumbuh meninggi.

Rafflesia arnoldi, memiliki bunga tunggal terbesar se dunia, tumbuh lebar ke samping. Diameternya mencapai 1 m, berat 10 kg. Masa tumbuh sampai mekar 9 bulan, bunga akan mekar hanya 7 hari, kemudian layu dan akan mati.

Tumbuhan rafflesia hidup menumpang tumbuhan lain, karena tidak memiliki daun, sehingga tidak bisa melakukan fotosintesisi. Sehingga hanya bergantung pada tumbuhan inang.

Saat ini rafflesia hampir punah, karena habitatnya di alih fungsikan untuk permukiman, pertanian dan tambang, atau terjadinya kebakaran hutan.

Tanaman ini pertama kali di temukan di hutan tropis Bengkulu (Sumatra), yang terletak di dekat sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Sehingga Bengkulu dinamakan dengan Bumi Rafflesia.

Tumbuhan Bunga Bangkai (Amorphophallus)

gambar Tumbuhan Bunga Bangkai (Amorphophallus)
By : Wikipedia.org

Tumbuhan bunga bangkai atau suweg raksasa, dengan nama latin (Amorphophallus) adalah flora bunga raksasa dapat mengeluarkan bau yang sangat bususk seperti bangkai.

Tumbuhan langka ini mengeluarkan bau busuk, bertujuan untuk mengundang lalat dan kumbang, agar hinggap sehingga membantu proses penyebaran.

Tumbuhan ini hidup di daratan rendah, hidup pada daerah yang beriklim subtropis maupun tropis, mulai dari kawasan Afrika Barat sampai ke Pulau Pasifik, termasuk Indonesia, sebagaian besar bunga bangka termasuk sepesies endemik.

Bunga bangkai mempunyai ketinggian 4 m yang termasuk bunga tertinggi di dunia. Mahkota tumbuhan bangkai berwarna merah tua kekuningan, ketika mekar bagian luarnya berwarna putih krem.

Tumbuhan langka bunga bangkai, hanya mekar selama 7 hari, hingga layu dan mati atau akan tumbuh kembali. Akan berbunga hanya sekitar 5 tahun sekali.

Habitat asli bunga bangkai berada di hutan Sumatra. Saat ini bunga bangkai sudah banyak dilestarikan di daerah lain seperti Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Bandung.

Tumbuhan Damar

 gambar untuk Tumbuhan Damar
By : Maknawi.net
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tumbuhan langka yang ada di Indonesia selanjutnya adalah flora dengan nama latin (Agathis dammara), (Lamb.) Rich & A. Rich. Atau yang disebut dengan pohon damar, atau damar raja.

Tumbuhan damar adalah salah satu pohon penghasil getah damar, yang asli berasal dari Indonesia. Getah damar kemudian diolah menjadi kopal. Kopal adalah salah satu bahan cairan pelapis lak atau vernis dan kertas. Lalu dijadikan berbagai industri.

Pohon damar adalah tanaman asli Sulawesi, Maluku, serta Kepulauan filipina. Sekarang sudah banyak di budidaya di berbagai tempat, termasuk Jawa.

Di Maluku pohon ini dinamakan (kalane, oeneela, kessi). DI Sulawesi disebut dengan (damar malolo atau lulu). Di Indonesia bisa disebut dengan (damar raja). Dalam bahasa inggris dinamakan celebes atau amboina pitch tree.

Ciri-ciri dari tumbuhan ini adalah, dengan tinggi mencapai 60-65 m, batang silindris dengan diameter lurus 1,5 m, kulitnya berwarna coklat kemerahan serta abu-abu muda, daun menjorong (bulat memanjang) dengan P 6-8 cm, L 2-3 cm, bagian ujung daun runcing dan bagian pangkal membaji.

Tumbuhan Edelweiss Jawa

Gambar tumbuhan edelweiss jawa
By : Jogja.tribunnews.com

Tumbuhan langka Edelweiss Jawa, atau yang disebut dengan Bunga Senduro ( nama latin, Anaphalis javanic), adalah flora yang sudah hampir punah keberadaannya.

Tumbuhan ini hidup di daerah pegunungan yang berada di Jawa, serta tumbuhan ini tumbuh pertama kali setelah terjadinya erupsi gunung berapi.

tumbuhan bunga endelweiss jawa, akan tetap terlihat segar meskipun sudah dipetik dari tangkainya. Hal ini membuat para pendaki yang mengambil bunga ini sebagai kenang-kenangan, sehingga membuat bunga ini semakin punah.

Tanaman ini bermekaran pada bulan April sampai Agustus, memiliki usia sampai 100 tahun dengan tinggi batang 8 m, lebih dari 300 serangga yang menghissap madu dari bunga endelwiss jawa.

Tumbuhan ditemukan di Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Lombok dan bali. Anaphalis dapat tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian minimal 1.000 m di atas permukaan laut.

Ciri-ciri tumbuhan endelweiss jawa, memiliki bunga majemuk, yang terdiri dari puluhan bahkan sampai ratusan floret (bunga berukuran kecil), di bagian bongkol atau piringannya, yang bergerombol menjadi satu.

Tumbuhan Anaphalis ini, satu tangkainya terdapat beberapa kuntum bungan majemuk, yang mekar pada bulan April-Agustus.

Tumbuhan Enau (Aren)

gambar untuk Tumbuhan Enau (Aren)
By :Tipspetani.blogspot.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Tanaman enau memiliki nama latin (Arenga pinnata), adala flora yang bisa di sebut dengan pohon aren, yang merupakan tanaman palma yang banyak manfaatnya atau serba guna, setelah kelapa.

Tumbuhan aren banyak di temukan hampir diseluruh Nusantar Indonesia, khususnya di daerah perbukitan dan lembah, tumbuh di tanah yang berpasir, tanah liat, berlumur, dan tidak tahan dengan tanah yang kadar asamnya tinggi.

Tumbuhan pohon aren sangt bermanfaat baik sebagai konfeksi, dan fungsi produksi yang menghasilkan komoditi yang mempunyai nila ekonomi, gula aren yang terkenal sangat baik unutuk kesehatan.

Ciri-ciri yang dimiliki tanaman aren adalah, buahnya kecil, batangnya kotor dan ditumbuhi ujik (serabut), batang tidak bercabang dan berduri, tinggi 25 m dengan diameter pohon 65 cm, batang pokok kukuh, pada bagian atas banyak serabut.

Daun tumbuhan aren majemuk menyirip, panjang hingga 5 m, tangkai daun sampai 1,5 m, anak daun seperti pita bergelombang berwarna hiju gelap, buahnya kecil.

Itulah sekilas tentang daftar macam-macam tumbuhan langka, yang ada di indonesia, yang sudah mulai terancam punah keberadaannya. Dengan mengetahui berbagai tanaman langka tersebut, diharapkan dapat lebih menjaga dan melestarikan tumbuhan tersebut.

Selain ada macam-macam tumbuhan langka, ada juga jenis-jenis hewan langka di Indonesia, yang akan di bahas di artikel ini. Silahkan di simak pembahasan selanjutny, tentang hewan langka.

Semoga dengan adanya macam-macam tumbuhan langka, dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *