Mengenal Sekilas Tentang Menulis

Halo sahabat mudahdicari.com, semoga kita dimudahkan untuk berkumpul, belajar dan bertukar pengalaman bersama. Penulis memberi nama website ‘mudahdicari’  karena penulis selalu ada dimana-mana hehehe. Sehingga sangat mudah untuk dicari ketika sahabat membutuhkan sesuatu, atau menginginkan sesuatu.

Sebelumnya agar blebih akarab perkenalkan namaku, Yuni Khoiriyah aku berasal dari Pacitan, dan sekarang aku masih mencari ilmu di Sintesa, tepatnya di daerah Magetan. Disinilah aku mengawali dan memulai belajar menulis di wabsite.

Sintesa adalah tempat saya mencari ilmu dunia internet dan agama. Yang mana saya menjadi bisa menulis di website, dan masih banyak lagi yang akan di pelajari disini. Karena aku masih baru sebulan kurang 5 hari, jadi masih belum mendalam ilmu yang saya dapat.

Selain mempelajari dunia internet, disini juga ada kajian setisap hari senin dan kamis. Selain itu disini juga belajar alquran dan menghafal surat alkahfi dan surat alimron, selain itu disini juga di ajari bagaiman adab ketika mencari ilmu.

Apa Itu Menulis?

female hands with pen writing on notebook

Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan atau menggagas pikiran, gagasan dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulisan agar mudah di pelajari dan dipahami oleh seseorang atau pembaca, dan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung.

Terkadang ada orang yang sifatnya berbeda-beda, ada yang senag menulis, ada yang senag membaca, dan ada juga orang yang apabila bicara tidak bisa memberi kefahaman kepada lawan bicaranya, sehingga membuat si pendengar merasa bingung, dan itu termasuk aku.

Karena aku orang yang susah bicara dalam artian tidak bisa memberi kefahaman penuh kepada pendengar, maka aku juga hobi menulis, tapi anehnya mengapa tulisanku juga susah difahami. Karena itu aku perlu belajar lebih giat lagi.

Karena sesungguhnya tujuan utama dalam menulis adalh untuk memahamkan, memberi wawasan, menghimbau, menginformasikan, mengajak dll, sehingga natinya saya juga akan melakukan hal yang sama, dan ini adalah proses awal yaitu, membuat pengalaman pribadi.

Tugas terpenting dari seorang penulis yang juga belum aku pelajari, adalah menguasai prinsip menulis dan berpikir yang akan dapat menolong untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu. Dan yang paling penting dari prinsip-prinsip yang dimaksud adalah penemuan, susunan dan gaya.

Seharusnya dalam menulis harus menimbulkan atau memunculkan suatu kemanfaatan, jangan sampai menimbulkan mudarat atau menimbulkan suatu kejelekan, karena apa yang ditanam maka itu yang akan dihasilkan, dan setiap perbuatan dimintai pertaggung jawaban. “ini saya juga masih belajar”.

Apa Tujuan dari Menulis?

Finance and engineering graph of economics. Statistic and sales manager for financial management concept. Economic infographic banner. Flat isometric concept with characters vector illustration.

Karena pengertian menulis sudah dijelaskan mungkin juga sudah mengerti, selain itu menulis adalah aktivitas yang mempunyai tujuan, maka sekarang membahas tentang, “apa tujuan dari menulis?”.

Menulis tujuannya sama seperti yang diatas yaitu menyampaikan sekaligus mendokumentasikan gagasan, pikiran, pendapat atau perasaan seseorang. tujuan yang lain juga untuk menggambarkan sesuatu agar seolah-olah melihat dan merasakan sesuatu yang diceritakan penulis dalam tulisannya.

Selain itu tujuan menulis juga bisa ditinjau dari segi pengarangnya yaitu, hanya untuk memenuhi tugas yang diberikan, untuk menciptakan sebuah keindahan dalam bentuk: puisi, nuvel atau cerpen, untuk penegas tentang siapa diri kita, dan untuk dijual dan dikonsumsi oleh para pembaca.

Bedanya Menulis dengan Mengetik

businessman hand working with new modern computer and writing on the notepad strategy diagram as concept morning light

Menulis adalah dengan tangn, menggunakan pena dan keratas atau buku. Nah kalau hal ini aku sering melakukannya waktu sekolah bahkan bukan hanya sering melainkan setiap hari, sehingga menulis adalah hal yang mudah.

Tapi yang sulit menurutku adalah menulis sebuah karangan dan itu belum pernah aku lakukan, bahkan mau menulis pengalaman saja masih bingung, mikir lama untuk menentukan apa yang harus dibahas, termasuk saat ini. Ini aku nulis sesuka hatiku entah sinkron atau tidak tulisanku ini hehe.

Menulis itu sudah biasa yang luarbiasa itu mengolah tulisan dan menciptakan tulisan sendiri, membuat sebuah kerangka dll, jika menulis yang di terapkan di sekolah itu adalah menulis materi yang sudah jelas adanya, kadang guru yang mendikte murid tinggal mencatat.

Sedangkan mengetik adalah dengan menggunakan keyboard, komputer dan sejenisnya, tapi kebanyakan orang mengartikan mengetik itu dengan sebutan menulis. Mengtik di keybord menurut agak sulit karena belum terbiasa mengetik, sehingga sangat lambat dalam mengetik dan tidak bisa memalingkan mata dari keyboard.

Yang saya lakukan ini adalah mengetik, karena saya menggunakan keyboar di laptop, tapi untuk lebih nyamannya jika ditanya menggunakan kata menulis. Misal ada yang tanya “mana karangan ketikanmu”. Coba bandingkan dengan “mana karangan tulisanmu”, ini kan lebih jelas dan mudah diucapkan atau tidak terasa asing.

Sebenarnya semua benar dan tidak ada perbedaan, tergantung yang mengucapkan, enaknya mana, tapi lebih familiyarnya rata-rata menggunakan kata ‘menulis’.

Terakhir Menulis Pengalaman Pribadi

Open book with an upside down pages and pile of books. Reading, education, e-book, literature, encyclopedia. Vector illustration in flat style

Ini adalah puncak akhir dalam penulisan pengalaman pribadi, aku sudah membuat 6 pengalamanku selama aku hidup, tapi tidak semuanya aku tulis, karena jika aku menulis semua pengalamanku selama aku hidup sampai sekarang mungkin tidak akan pernah selesai, selain itu aku tidak bisa menuangkan dalam bentuk tulisan.

Selama aku menulis pengalaman pribadi, aku menemukan banyak masalah terutama dalam merangkai kata-kata, menentukan judul, bingung mau mengawali tulisan dengan kata-kata apa.

padahal jika dilihat sekilas tentang judulnya yaitu pengalaman pribadi, maka akan terlihat mudah untuk dibuat bahkan orang yang melihatnya pun akan berfikir hal yang sama yaitu ‘mudah’. “Mengapa harus difikir sulit kan itu pengalaman pribadi, berarti sudah pernah mengalami”.

Tapi kenyataan yang saya alami yang sebenarnya adalah antara sulit dan mudah, karena saya belum bisa merangkai kata-kata yang bagus, aku hanya sekedarnya menulis.

Utuk menulis pengalaman yang terakhir ini pun bingung mau menulis apa, akhirnya saya jadikan sebuah perkenalan singkat dan membahas sedikit tentang menulis, yang mana aku juga masih sangat awam tentang masalah menulis di website.

Pertama kalinya menulis di website adalah menulis sebuah pengalaman pribadi, berarti yang saya lakukan ini masih tahaap sebagai pemula yang mana masih terdapat banyak kesalahan dalam menulis baik itu, ejaan, tanda baca bahkan dalam penulisan. Kesalahan seperti itu masih banyak.

Untuk yang Terakhir

Hasil gambar untuk gambar orang berterimakasih

Saya sudah tidak punya kata-kata lagi dan bingung mau menulis apa hehehe, jadi disini saya akan tutup saja untuk penulisan pengalaman pribadi, meskipun diawal aku tidak membukanya.

“Para pembaca, itu sekilas tentang pengalaman pribadi saya”, jika ada yang menurut sahabat baik maka ambillah manfaatnya, namun jika tidak ada kebaikannya maka jangan diikuti atau ditiru nanti akau kena dosa hehehe.

Harapan saya selain hanya menulis sebuah pengalaman setidaknya dapat memberi ibroh untuk sahabat, tapi aku sudah yakin sebenarnya ceritaku tudak ada yang dapat dijadikan pelajaran, karena semua isinya hanya asal-asalan. Tapi bolehlah untuk dibaca.

Dan sekian dari saya yang ‘mudahdicari’ hehehe, jika dari awal penulisan sampek terkhir ada kesalahan mohon maaf, selamat membaca semua cerita-ceritaku, dan terimakasih atas partisipasinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *