Gambar gedung dan orang menyebrang diatas gedung, yang merupakan teknik menggambar perspektif

√ 9+ Teknik Menggambar : Pengertian, Jenis, Contoh | Lengkap!

Teknik menggambar – Tahukah Anda, didalam sebuah karya seni itu ada teknik-teknik menggambar sendiri. Kita tidak bisa sembarangan dalam menggambar, karena untuk menciptakan sebuah karya seni gambar membutuhkan proses yang memang tidak mudah bagi sebagian orang.

Untuk itu Anda terlebih dahulu mengerti tentang teknik-teknik mudah mengambar, terlebih pada teknik-teknik dasar menggambar, karena hal ini akan menjadi bekal seseorang dalam menggambar. Sehingga hal ini akan mempercepat dalam poroses menggambar, dibandingkan dengan orang yang belum menguasai dan mengerti teknik untuk menggambar.

Berikut mari Kita pelajari lebih lengkap mengenai teknik, jenis-jenis teknik menggambar, pengertian teknik menggambar sampai berbagai contoh dan gambarnya.

Pengertian Teknik Menggambar

Gambar teknik menggambar dan gambar baut
By: Youtube.com

Teknik menggambar adalah sebuah cara yang digunakan dalam proses pembuatan suatu gambar. Dengan adanya teknik menggambar, dapat memudahkan dan mempercepat pengerjaan dalam menciptakan suatu gambar.

Nah, gambar merupakan hasil karya yang dituangkan didalam bidang datar seperti kertas maupun kanvas yang didalamnya mengandung unsur visual seperti garis, titik, bentuk, bidang, tekstur, serta gelap terang.

Gambar dalam pembuatannya juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu, ketepatan, perspektif, proporsi, komposisi yang pas, sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang cantik.

Gambar juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

  • Sebagai hasil karya seni.
  • Media penyimpanan informasi.
  • Sebagai bahan teknik.
  • Dan lain sebagainya.

Adapun peralatan dan bahan yang bisa Anda persiapkan dalam menggambar yaitu:

  1. Pensil warna.
  2. crayon.
  3. Kertas.
  4. Kuas.
  5. Pensil dan bolpoin.
  6. Kanvas dan sebagainya.

Dalam penggambaran ada beberapa teknik, cara-cara dan aturan dalam menciptakan karya seni tersebut. Dan pada setiap teknik memiliki kekurangan dan kelebihan, serta yang paling penting adalah pada masing-masing teknik memiliki fungsi tersendiri. Berikut macam-macam teknik menggambar beserta contohnya.

Teknik Menggambar Pointilis (Titik)

Gambar bunga contoh teknik menggambar pointilis
By: Bagiinfo.com

Teknik gambar pointilis adalah suatu cara atau teknik melukis atau menggambar pointilis dengan dengan menggunakan titik kecil yang membentuk suatu objek. Pointilisme sendiri adalah teknik lukisan yang mana tersusun dari bentuk titik kecil, dan titik-titik kecil yang berbeda warnanya diterapkan pada pola untuk membentu sebuah gambar.

Teknik menggambar pointilis ini dikatakan unik, karena cara pembuatannya tidak menggunakan garis utuh, melainkan menyusun titik-titik dengan ketebalan dan ukuran yang berbeda-beda.

Agar lebih jelasnya mengenai pointilis baca juga teknik pointilis yang akan kami bahas di konten ini, karena teknik pointilis ini juga sangat banyak, maka Anda juga harus tau lebih lanjut.

Teknik Menggambar Arsir

Gambar pemandangan, teknik menggambar arsir
By: Infobaru.id

Arsir adalah tahap penyelesaian setelah gambar dasar selesai dibuat, teknik menggambar arsir adalah teknik dasar dalam membuat gambar dengan menggunakna  medai pensil.

Teknik ini lebih menitikberatkan pada ketebalan (kekuatan) garis. Dan kekuatan garis dapat diciptakan dengan menggunakakn spidol, pensil, tinta, atau alat gambar lainnya. Goresn dari pensil, tinta, spidol, tersebut berupa garis berulang dapat membuat perbedaan pada kekuatan garis, sehingga terkesan:

  • Gelap terang.
  • Garadasi.
  • Atau berkesan dimensi pada gambar.

Garis yang terang dilakaukan dengan cara arsirannya tidak terlalu rapat. sedangkan garis yang gelap arsirannya terlalu rapat dan lebih ditekan saat menggoreskan pensil. Dan kekuatan tangan juga dapat mempengaruhi saat menggoreskan pensil.

dasar arsiran ada 2 jenis yaitu arsir searah dan arsir silang, dan ada teknik yang lain yaitu teknik arsiran kombinasi dan teknik arsir pola.

Contoh gambar arsiran mudah

Gambar bunga, teknik arsir
By: Infobaru.id

Teknik Menggambar Gosok (Dusel)

Gambar buah jambu teknik gosok, dusel
By: Gambar.pro

Dusel merupakan teknik gambar dengan cara menggosok dan menimbulkan kesan tebal tipis atau gelap terang pada gambar. Teknik dusel ini menggunkan bantuan kapas atau alat-alat khusus berupa gulungan kertas (dan bentuknya mirip pensil). Bahkan jari-jairi Anda juga bisa digunakan untuk menggosok gambar yang diciptakan. Kerenkan, coba yuk 🙂

Teknik gambar dussel ini dapat dikatakan agak sulit, dan perlu latihan berulangkali untuk menghasikan sebuah gambar yang bagus. Sebenarnya teknik ini sama halnya dengan menciptakan gradasi warna yang halus.

Garis atau strok akan dihaluskan atau dihilangkan dengan cara digisok-gosok (dusel). Berikut contoh gambar teknik dusel.

Gambar bunga teknik dusel
By: moondoggiesmusic.com

Teknik Blok (Siluet)

Gambar burung dan kucing pada cabang, siluet
By: publicdomainvectors.org

Teknik menggambar blok atau siluet adalah teknik menggambar bayangan. Menggambar dengan teknik siluet ini hanya menggunkan satu warna yaitu warna hitam, yang bertujuan untuk menutup objek. Sehingga membentuk pwerwujudan pada objek.

Nah, sempelnya nih hehehe. Ibarat Kita menggambar sebuah bayang-bayang. Bentuk objek yang digambar diblog dengan warna hitam, sehingga nampak bentuknya seperti bayang-bayang.

Akan tetapi semua itu ada syaratnya yaitu menggunkan 2 warna, yang pertama sebagai warna gambar yang akan di blog dan warna ke dua sebagai backgorund. Contohnya menggunakan warna hitam putih, apabila warna putih sebagai bacground, maka warna hitam digunakan sebagai warna objek.

Ada beberapa jenis teknik siluet (blog), diantaranya adalah:

Siluet Negatif

Gambar siluet negatif sepak bola
By: kerkosa.blogspot.com

Teknik menggambar teknik ini memberikan warna pada sekitar daerah atau bentuk di sekeliling objek yang kita inginkan.

Siluet Positif

Gambar siluet positif burung
By: Pinterest.com

Teknik pada siluet positif ini memberikan warna atau blok pada bentuk yang Kita inginkan.

Siluet Campuran

Gambar siluet campuran, orang menunggang kuda
By: gambarpointilisforus.blogspot.com

Pada teknik ini menggabungkan teknik siluet positif dan negatif, yang mana warna putih dan warna hitam melebur dan saling menutup.

Teknik Menggambar Aquarel (sapuan basah)

Gambar burung diatas ranting, teknik melukis aquarel
By: Pinterest.com

Teknik aquarel adalah teknik lebih condong pada melukis, yang menggunakan media basah supaya menghasilkan warna yang transparan. Peralatan yang digunakan pun tidak sederhana, yakni cat yang berbasis air dan kuas.

Peralatan yang digunakan adalah pensil warna yang bisa larut air, setelah Anda mewarnai dengan pensil warna tersebut. Finisnya adalah sapuan kuas basah. Sebelum dilakukan penggambaran, alangkah baiknya kertas dibasahi terlebih dahulu supaya cat cepat menyebar.

Namun begitu, teknik aquarel  dengan menggunkan goresan kuas selalu menciptakan nuansa keindahan dan ciri khas yang berbeda, Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai teknik aquarel di artikel selanjutnya.

Teknik Menggambar Linier (Garis)

Gambar peralatan dapur, teknik linierkompor, wajan, GAS, teknik
By: Pelajarindo.com

Sebenarnya teknik linier agak mirip dengan teknik arsir. Teknik menggambar linier Anda hanya membuat garis-garis. Sebaliknya jika di teknik arsir, terlebih Kita membuat arsiran pada bagian tertentu saja, misalnya pada bagian tepi kanan atau kiri, bawah atau atas.

Dalam teknik linier menggunakan garis lengkung atau garis lurus dengan ketebalan dan kerapatan pada semua permukaan objek gambar. Untuk pemula bisa menggunakan garis untuk membuat teknik linier ini, agar lebih mudah.

Teknik Menggambar Plakat

Menggambar plakat merupakan suatu teknik seni lukis dengancara menggambar dengan menggunakan cat air atau cat poster. Dengan sapuan warna yang kental dan tebal dapat menghasilkan gambar yang pekat dan menutup.

Karena menggambar plakat ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, maka membutuhkan keterampilan seorang seniman yang cukup mumpuni.

Teknik Sketsa

Gambar teknik menggambar seketsa rumah
By: denah.web.id

Selanjutnya teknik menggambar seketsa merupakan bagian awal dari hampir semua pekerjaan seni menggambar. Teknik gambar sketsa umumnya digunakan untuk menggambar sebuah gambar rencana atau sebagai gambar dasar.

Dapat disimpulkan bahawa sketsa gambar adalah gambar dasar yang belum selesai dan memang disengaja dibuat seperti itu, karena tujuannya adalah membuat sketsa atau bahkan ditindak lanjuti dengan cara yang lain, seperti dilukis dengan cat.

Tujuan dari teknik mengambar sketsa dalah untuk meminimalisir kesalahan dalam membuat bentuk gambar lebih proposional. Gambar sketsa mudah dihapus dan ditutup dengan teknik lainnya. Dan gambar ini tidak diharuskan untuk muncul detal khusus karena sifatnya adalah rancangan gambar (sketsa).

Meskipun gambar ini dikatakan belum selesai, jika di gores sedemikian rupa gambar sketsa ini dapat berdiri sendiri, artinya gambar dapat dinikmati tanpa harus dipermak dengan cat. Berikut contoh gambar sketsa.

Gambar seketsa angkutan alat berat
By: dunia-atas.blogspot.com

Teknik Perspektif

Gambar gedung dan orang menyebrang diatas gedung, yang merupakan teknik menggambar perspektif
By: Ngertiaja.com

Sebelum membahas tentang teknik menggambar perspektif, Kita simak dulu “Apa yang dimaksud dengan gambar perspektif?”.

Gambar perspektif adalah salah satu jenis gambar mengkomunikasikan objek tertentu yang terlihat oleh mata melalui sudut pandang tertentu. Jadi sudut pandang ini lah yang dinamakan perspektif, atau cara melihat visual dari paling depan samapai batas mata.

Gagasan yang paling utama dalam gambar perspektif adalah keberadaan batas mata memandang yang disebut dengan titik hilang (titik infiniti), yaitu sebuah titik yang bobjeknya sudah tidak dapat dikenali bentuknya, alias hanya berupa titik.

Biasanya teknik ini perspektif menggunakan garis-garis horizon, jumlah titik dan letak benda hilang. Sehingga hasilnya akan menghasilkan 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata.

Berdasarkan jumlah titik hilangnya, gambar perspektif dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

Gambar Persepektif dengan Tiga Titik Hilang

Gambar gedung, Persepektif dengan Tiga Titik Hilang
By: Pinterest.com

Dengan gambar perspektif ini Anda akan mendapatkan objek yang seolah-olah tampak dari atas yang ditangkap cctv yang dilekatkan di atas bangunan.

Sehingga, dimensi objek yang kita dapatkan lebih luas lagi, atau objek yang terlihat dari bawah, seolah-olah Anda berada di bawah bangunan.

Gambar Perspektif dengan Dua Titik Hilang

Gambar gedun, Gambar Persepektif dengan dua Titik Hilang
By: Pinterest.com

Gambar persepektif yang menempatkan ke dua titik pada ujung garis horizontal pada sisi kanan dan kiri. Dengan tarikan dua garis tersebut akan menjadi titik temu sisi bentuk yang akan digambar sehingga Anda akan melihat objek tersebut dari dua persepektif, yaitu kanan dan kiri.

Gambar Perspektif dengan Satu Titik Hilang

Gambar jalan raya, Persepektif dengan satu Titik Hilang
Pinterest.com

Gambar satu titik hilang maksudnya adalah menempatkan titik hilang tepat berada di depan mata Kita, Pada umumnya titik hilang akan berada ditengah atau di pusat gambar.

Penutup

Demikianlah, sekilas mengenai macam-macam teknik menggambar yang dapat Anda pelajari beserta contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, semoga dapat berjumpa lagi di samudi (sahabat mudahdicari). Selamat mencoba, salam sukses untuk Kita semua 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *