Cara Mengaktifkan Discover Google dan Menonaktifkannya

Kehadiran fitur Discover Google bagi pengguna Android dan iOS menjadi hal yang menguntungkan. Pasalnya, fitur ini memudahkan pengguna dalam mencari berbagai informasi. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara mengaktifkan Discover Google yang tepat.

Apalagi, fitur yang satu ini juga sering hilang dan membuat para penggunanya resah. Sebab pengguna akan kesulitan dalam menemukan konten sesuai kebutuhan. Jika hal tersebut terjadi, maka pengguna bisa mengaktifkan fitur Discover Google untuk bisa mengakses kembali. Simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu Discover Google?

Sebelum mengetahui mengenai cara mengaktifkan Discover Google, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu terkait fitur ini. Discover Google merupakan halaman yang menyajikan informasi dalam bentuk cards atau deretan kartu.

Kartu yang dimaksud adalah linimasa konten yang terdapat di Internet dengan menyesuaikan minat dari penggunanya berdasarkan riwayat pencarian di Google. Misalnya, jika pengguna sering mencari konten di Google mengenai pendidikan. Maka Discover akan dipersonalisasi dengan menampilkan konten mengenai pendidikan.

Cara Menggunakan Discover Google yang Benar

Dengan menggunakan fitur ini, maka laman akan memunculkan pencarian terakhir di Google, YouTube maupun media sosial. Dengan adanya fitur ini tentunya sangat menguntungkan para penggunanya saat mencari informasi agar sesuai dengan keinginan. Berikut adalah cara mengaktifkan Discover Google yang bisa dicoba:

1. Mengaktifkan Discover Google Melalui Chrome

Pengguna bisa mengakses Discover Google dengan mudah melalui smartphone. Tentunya hanya membutuhkan internet yang stabil. Sebab pengguna perlu mengakses melalui Google Chrome. Berikut adalah tahapan yang perlu dilakukan:

  • Buka aplikasi Google terlebih dahulu atau membukanya melalui Google Chrome.
  • Kemudian, di bagian pojok kanan bawah ada menu lain yang dapat diketuk untuk mengaktifkan Discover Google.
  • Klik menu pengaturan dan ketuk tombol umum. Maka akan muncul beberapa menu yang dapat dijadikan sebagai pilihan.
  • Pilih menu ke-3 yang merupakan Discover dan aktifkan tombol tersebut.
  • Kembali ke halaman Google utama dan refresh pada halaman tersebut hingga muncul Discover.
  • Jika pengguna mengakses melalui aplikasi Google Chrome, maka dapat klik ikon setelan terlebih dahulu pada halaman tersebut. Menu Discover ada di dalam titik 3 horizontal.
  • Klik tombol dan aktifkan Discover Google. Maka Discover akan otomatis aktif dan muncul di halaman utama.
✅Baca Juga :  Cheat Mobile Legend: Panduan Lengkap Cara Menang!

2. Mengakses Discover Google

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Discover Google dapat diakses melalui Android maupun iOS. Cara mengaktifkan fitur ini juga terbilang cukup mudah, sehingga pengguna bisa segera merasakan fungsinya. Di bawah ini adalah tahapan yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan Discover Google lewat smartphone:

  • Buka aplikasi Google Search terlebih dahulu.
  • Selanjutnya di halaman utama, klik tombol Discover yang terletak di pojok kiri bawah. Discover akan menampilkan halaman baru yang berisi deretan kartu mengenai cover image, situs, judul konten hingga tanggal publikasi konten.
  • Selanjutnya, ketuk kartu tersebut apabila ingin membaca isi konten yang ada di dalamnya secara lengkap. Apabila ingin melihat konten yang lain, maka klik menu More Stories di bagian bawah.
  • Pengguna bisa memberikan Like pada konten yang disukai dengan cara klik ikon berbentuk Love.
  • Apabila ingin membagikan konten tersebut, maka bisa menekan ikon Share yang ada di sebelah ikon Love.
✅Baca Juga :  Cara Screenshot Tab Samsung dengan Mudah

3. Menonaktifkan Discover Google

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Discover Google dan mengaksesnya, berikutnya pengguna juga perlu tahu mengenai cara menonaktifkannya. Untuk mematikan fitur ini juga tidak kalah mudah. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Search terlebih dahulu.
  • Kemudian di halaman utama, klik foto profil pengguna tepatnya berada di pojok atas.
  • Selanjutnya, pilih menu Settings dan ketuk opsi General.
  • Pada halaman General ini, maka akan muncul toggle
  • Untuk menonaktifkan fitur Discover Google, maka hanya perlu menggeser toggle Discover ke arah kiri hingga berwarna abu-abu. Halaman Discover tidak akan ditampilkan pada Google Search.

Itulah cara mengaktifkan Discover Google hingga menonaktifkannya. Fitur ini akan menyajikan berbagai informasi dengan menyesuaikan minat pengguna. Menariknya, Discover Google akan menyajikan informasi terbaru sehingga pengguna tidak akan pernah tertinggal informasi apapun. Maka dari itu, cobalah untuk mengaktifkan fitur ini untuk mengetahui manfaatnya.

Back to top button